Kamis, 27 Oktober 2016

Strategy Collection (Perusahaan pembiayaan)

Collection

DEFINISI DAN PENGERTIAN

Collection adalah pengelolaan piutang atau Account Receivable sebagai akibatadanya perjanjian 
pembiayaanPiutang atau Account Receivable itu sendiri sebenarnya adalah asset perusahaan  yang ada dan tersebar di pihak lain (debitur),oleh karena itu harus dikelola dengan baik.

TUJUAN
• Mengusahakan agar pembayaran dari konsumen sesuai tanggal jatuh  tempo
 Mengoptimalkan labasegala sesuatu yang merupakan hak perusahaan berupauang yang wajib diterima   lebih cepat (sesuai jadwal) agar dana tersebut dapat dipergunakan lebih productive,
 Meminimalkan kerugian atas angsuran yang tertunggaksebab kecepatan pembayaran collection dapat    menurunkan bahkan meniadakan potensi piutang macet.
 Menjaga kestabilan dan kesehatan keuangan perusahaan (cash flow)
• Melaksanakan hak perusahaan berkaitan dengan term & condition        yang telah disepakati dalam perjanjianseperti penarikanpengenaan denda, penalty, dll.

PERAN COLLECTION
1.Membuat account menjadi normal/lancar dengan usaha, collection yang efektif
2.Melakukan follow up dengan segerabaik melalui telponsuratmaupunkunjungan
3.Membina hubungan baik dengan Account (Customer/Nasabah)
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB COLLECTION  
1. Melakukan monitoring / penagihan / penarikan unit atas kontrakkonsumen yang 
    past due (tertunggak)
2.Memeriksa daftar penerimaan bukti setoran dari Staff Adm/Kasir (khusus konsumen 
    yang telah past due lebih dari 3 hari)
3. Bertanggung jawab atas bukti setoran (Kwitansi) yang diterima dari Staff Adm. Collection.
4. Melakukan penagihan atas seluruh bukti setoran yang diterima dari Staff Adm
    Collection tanpa kecuali.
5. Harus melakukan penyetoran atas hasil tagihan yang dilakukan baik tunai maupun giro 
    kepada Staff  Kasir pada sore harinya.
6. Membuat laporan harian atas bukti setoran yang diterimanya dan hasil penagihan pada 
    hari itu serta bukti setoran yang tidak tertagih.
7. Melaporkan kepada Head Collection atas bukti setoran yang tidak tertagih beserta 
    alasan dan tindakan yang telah diambil
8.Melaporkan secara rutin kepada Head Collection mengenai perkembangan kasus yang 
   dibebankan kepadanya dan input-input atas penyelesaian kasus-kasus yang ditanganinya
9.  Melakukan tindakan negosiasi dan persuasif dalam penyelesaian kasus
10.  Membuat laporan kunjungan harian (call report)
11.  Mencapai target individu yang sudah ditetapkan oleh perusahaan
12.  Melindungi dan memelihara asset perusahaan
13.  Melaksanakan seluruh pekerjaan yang dibebankan perusahaan
14.  Menjalin kerjasama yang baik antara sesama karyawan
ARTI SEBAGAI COLLECTION, ADALAH
1.Wakil Perusahaan
                2.Penagih Hutang
                3.Negosiator
                4.Penasihat Keuangan
                5.Ahli Psikologi
                6.Pendengar yang baik
                7.Motivator yang baik
                8.Bagian dari Customer Service
                9.Penemu Kecurangan

KAPAN COLLECTION & EXCEKUTOR DIPERLUKAN  
                Dalam pengelolaan tagihan konsumenada beberapa macam jeniskontrak yang ada yaitu:
                1.  Kontrak Lancar
                      Kontrak Aktif yang tidak mempunyai tunggakan angsuran pada cut-off tertentu
                      tanpa memperhatikan ada tidaknya denda yangbelum dibayar
                2.   Kontrak Past Due > 3 hari
                      Kontrak Aktif yang mempunyai tunggakan > 3 hari pada cut off tertentu
                3.   NPL (Non Performing Loan)
                      Kontrak yang kolektibilitasnya diragukan (pembayaran macetsehinggaperlu suatu 
                      penanganan khusus untuk memperoleh tingkatpengembalian yang maksimalJumlah 
                      tagihan yang ditagih kekonsumen tetap sama sesuai dengan hasil perhitungan sistem.
                      Dahulu disebut sebagai kontrak Non Accrual (NA/Bad Debt)
                 4.  WO (Write-Off)
                      Kontrak yang sudah dihapusbukukan dari pembukuan perusahaan,walaupun 
                      secara operasional masih dilakukan penagihan kekonsumen
  
 PENYEBAB ANGSURAN TERTUNGGAK
                1.  Kemampuan :
Bisnis terganggu (cash flow pelanggan tersebut tidak lancar)
Debitur mengalami musibah (kesehatankecelakaankematian)
Kendaraan mengalami kecelakaan / kerusakan (sehingga kendaraantidak dapat 
  dioperasionalkandan biaya perbaikan cukupbesarnamun tidak dapat mengajukan klaim 
  asuransi,sehingga keuangan konsumen terganggu.
Debitur jatuh pailit/terlibat hutang

2.  Kemauan :
Pindah alamat (tidak lapor)
Unit tidak sesuai dengan keinginan (pada saat serah terima kendaraan)
  Contoh : claim ke dealer atas kelainan pada unit, tapi belum ditanggapisecara tuntas.
Unit tidak utuh lagi (kehilangan / kecelakaan)
Ingin selalu ditagih karena janji Perusahaan Multi Finance
Kendaraanorang dan kemampuan ada tetapi tidak mau bayar.
3.  Lain-lain :
Unit non asuransi tetapi hilang
Unit / kendaraan disita pihak ketiga
Kontrak tidak sampai / belum diterima
Kesalahan unit / barang yang dikirim oleh dealer
Lokasi konsumen jauh dari kantor Perusahaan Multi Finance

 PENYEBAB KREDIT MACET
Kasus –kasus yang biasa terjadi sehingga menyebabkan kredit macet kodisi past dueatau bahkan write off antara lain sebagai berikut :
  
1.Pindah Tangan
2.Tidak Ada Dana (uang)
3.Kredit Atas Nama Orang Lain
4.Klaim Asuransi
5.Terlibat Tindakan Pidana
6.Barang Dikuasai Oknum/Pihak Lain
7.Konsumen dan Barang Hilang
PENANGANAN KREDIT MACET
Persiapan 
Identifikasi masalah, dilakukan terhadap masalah-masalah yang diperkirakan menjadi penyebab terjadinya kredit macet (past due, over due, dsb)

Klasifikasi masalah; mengolongkan penyebab-penyebab masalah yang terjadiapakah disebabkan oleh kemampuan konsumen ataukah kemauannya ?

Analisa masalahdilakukan untuk mengetahui pokok permasalahan dari penyebabkredit macet terhadap faktor-faktor : keuangan/penghasilan,pengelolaan/pengeluaran keuangansikap & tanggungjawab terhadapkewajiban membayar hutanglingkungan sosial dan sebagainyaDengananalisa ini diharapkan akan mampu memberikan pijakan dalam menentukanstartegi dan tindakan penanganannyaPenyusunan & penentuan strategi;menyangkut alternatif pendekatan penyelesaianpenawaran solusi,komunikasipersuasiantisipasi dilakukan tarik barang dari tangankonsumendan sebagainya.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar